Tips Traveling

Cara untuk Menikmati Perjalanan dengan Kereta Api

Bagi saya melakukan perjalanan dengan Kereta Api itu bukan jadi hal yang asing lagi. Selain untuk keperluan kerja, moda transportasi ini selalu jadi pilihan utama, baik untuk berlibur atau sekedar pulang – pergi Bandung – Jakarta tiap bulannya (pengguna setia GoPar!!).

Naik Kereta Api Terus, Engga Bosen?

Banyak faktor sih yang bikin saya betah buat terus pake kereta api. Beberapa halnya yaitu harga yang relatif murah, kenyamanan selama perjalanan cukup terjamin dan yang paling penting waktu tempuh hampir selalu dapat diprediksi alias sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan.

Interior gerbong argo parahyangan (gopar) ekonomi

Penampakan interior kereta api Argo Parahyangan (GoPar) kelas ekonomi premium. Cukup nyaman kan?

Kenapa ‘hampir’? karena di beberapa kasus saya ngalamin sendiri keterlambatan yang super ekstrim (lebih dari 3 jam), yaaa walaupun itu hanya sesekali sih. Tapi tenang aja, kalau sudah kejadian, pihak KAI tetap bertanggung jawab dengan memberikan kompensasi kepada penumpang.

Singkatnya sih kaya gitu, mungkin kalo diperluin bakal saya bahas detilnya di lain waktu.

Beberapa Cara Menikmati Perjalanan

Kaya yang udah saya bilang sebelumnya, hampir tiap bulan pasti ada lah minimal satu kali saya bepergian pake kereta api, mau itu jarak dekat; menengah ataupun jauh. Kalo ditanya bosen atau engga, ya pasti bosen sih karena udah jadi kaya semacam rutinitas juga.

Gerbong Argo Parahyangan di Stasiun Gambir

Kenapa sering naik Kereta Api? Udah pasti karena harga yang terjangkau dan berbagai faktor lainnya.

Naaah, untuk nyiasatinnya banyak aktivitas yang bisa kita lakuin biar perjalanan ga kerasa ngebosenin. Berikut beberapa cara atau aktivitas yang biasanya saya lakuin biar perjalanan dengan Kereta Api ini bisa dinikmatin, cekidot!

Baca buku, majalah, koran atau sejenisnya

Bukan biar dibilang pinter, keren atau sejenisnya, tapi baca buku di dalam kereta itu cukup nyenengin buat saya. Walaupun dibarengin suara bising sepanjang perjalanan, tapi di sinilah titik seninya. Gatau kenapa saya bisa cukup fokus buat terus-terusan baca, seengganya sampai kerasa ngantuk hahaha.

Baca Buku di Kereta Api Taksaka

Baca buku sambil ngopi tipis-tipis di sepanjang perjalanan Jakarta – Yogyakarta dengan Kereta Api Taksaka

Keuntungan lainnya yaitu saya ga pernah ngerasa mual kalo baca buku di dalem kereta, ga kaya pas lagi naik mobil sih terutama. Belakangan ini ada faktor lainnya yang bikin saya jadi lebih semangat baca buku, yaitu karena ngerasa ditampar setelah baca artikel mengenai tingkat literasi negara kita.

Menurut artikel yang saya baca, disebutkan bahwa tingkat literasi orang Indonesia pada umumnya tergolong cukup rendah (urutan ke 60 dari 61 negara berdasarkan survei CCSU). Naah yang jadi cakupan literasi itu salah satunya adalah membaca.

Jadi bukan tanpa alasasn yaak saya nulis baca buku ini pada susunan pertama, biar nambah motivasi bersama gitu biar kita bisa maju dan nambah kemampuan literasi bareng-bareng, hehe.

Main gadget atau smartphone di Kereta Api

Yaak kalo udah bosen baca buku (cetakan fisik) pasti gadget lah benda berikutnya yang saya pegang. Selain socmed-an, main game dan baca-baca artikel, biasanya sih saya suka namatin video yang ada di YouTube.

Nah karena sinyal di perjalanan kadang mati-nyala, biasanya sebelum berangkat saya suka nyiapin video untuk ditonton pake aplikasi YouTube. Buat yang belum tau, di aplikasi ini kita bisa download video (walaupun ga semua) biar bisa ditonton saat keadaan jaringan sedang offline.

Download video YouTube untuk ditonton offline

Cara download video YouTube untuk ditonton saat jaringan sedang offline

Cara ini paling ampuh sih biar kita bisa youtube-an tanpa harus ngandelin sinyal di perjalanan, apalagi buat ngemat quota (biasa pake wifi sih hehe). Caranya gampang, tinggal cari video yang mau ditonton; klik titik tiga yang ada disebelah kanan judul; dan terakhir klik tombol download.

Ohiya, selain nonton video, cara ini juga berlaku buat dengerin lagu tanpa sinyal pake aplikasi Spotify. Tapi pastiin ya akun kalian premium biar lagunya bisa di-download. Buat yang ngerasa kemahalan, jangan khawatir, banyak cara buat dapetin premium, salah satunya manfaatin trial.

Lihat pemandangan sambil mikir (atau bengong?)

Udah bukan rahasia lagi, di sepanjang perjalanan, kereta bakal ngelewatin tempat-tempat bagus yang jarang kita lihat sebelumnya. Terutama buat kita-kita yang sering berada di perkotaan, pemandangan selama perjalanan ini bakal jadi penyejuk buat mata.

Contoh nyatanya sih pas saya naik kereta Argo Parahyangan relasi Bandung-Jakarta (dan sebaliknya). Walau tergolong singkat (sekitar 3 jam 30 menit), tapi pemandangan yang disajiin bener-bener keren!!

Pemandangan dari Dalam Kereta

Salah satu pemandangan yang bakal kamu liat saat naik Kereta Api

Karena rute perjalanannya banyak motong gunung, kita bakal dikasih liat banyak pemandangan alam berupa hutan, perkebun/sawahan yang cukup adem! Apalagi kalo kita lewat di jam-jam tertentu, beuh bener-bener bikin seger laaah (buat saya pribadi).

Nah sambil liat pemandangan, biasanya sih saya selalu kepikiran banyak sama hal-hal kreatif yang bisa dilakuin saat itu atau kedepannya. Salah satu hal positifnya yaitu saya kepikiran buat nulis postingan ini haha.

Selain itu biasanya saya suka bengong aja sambil ngeliatin pemandangan, gatau kenapa, nikmat aja.

Hal ternikmat sedunia, tidur!!

Yap, bener, tidur, siapa tau bisa mimpi buat jalan-jalan Ke Antah Berantah hahaha.

Menikmati atau engga? Tergantung kalian!

Naah, jadi, setelah baca sedikit tips dari saya kalian bisa mutusin kaan kalau perjalanan dengan kereta api itu bisa dinikmatin atau engga. Selain cara-cara di atas, sebenernya banyak cara lainnya lagi sih, tapi ga mungkin juga harus ditulis satu-satu.

Sekian postingan kali ini, kalo kalian punya cara sendiri buat menikmati perjalanan dengan kereta api jangan lupa tulis di kolom komentar yaa, sampai jumpa di lain waktu!

[ratings]

Click to rate this post!
[Total: 3 Average: 5]

Leave a Comment